Kembali Pendekatan Pengurangan Bahaya

Membangun kebiasaan olahraga yang efektif dalam upaya sadar risiko

Tidak perlu diragukan lagi bahwa olahraga merupakan aktivitas positif yang harus kita lakukan secara rutin untuk mengurangi risiko kesehatan yang dapat timbul di zaman serba cepat ini. Dengan rutin berolahraga kita dapat terhindar dari berbagai risiko kesehatan seperti diabetes, kanker, ataupun stroke. Jika kita belum bisa secara rutin berolahraga, tidak ada kata terlambat, simak artikel berikut untuk tahu tips dan trik membangun kebiasaan olahraga yang efektif!

Mengapa Penting untuk Berolahraga?

Ada beberapa alasan mengapa olahraga sangat  penting bagi kesehatan:

  1. Kesehatan fisik: Olahraga membantu menjaga kesehatan fisik. Melalui aktivitas fisik yang teratur, kita dapat memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan dan  daya tahan, serta menjaga berat badan ideal.
  2. Kesehatan mental: Olahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mental. Dengan berolahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi. Aktivitas fisik ini juga meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh yang dapat memberikan perasaan bahagia dan relaksasi.
  3. Pembelajaran sosial: Beberapa jenis olahraga dapat membantu kita untuk belajar berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dalam tim, menghargai perbedaan, dan mengembangkan keterampilan komunikasi. Olahraga juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan seperti disiplin, kerja keras, kerja sama, dan kejujuran.
  4. Pembangunan karakter: Olahraga dapat membangun karakter yang kuat. beberapa olahraga yang bersifat kompetitif dapat melatih kita untuk menghadapi tantangan, meningkatkan ketekunan, dan mengembangkan kemauan untuk terus berlatih.
  5. Hiburan dan rekreasi: Olahraga juga sarana hiburan dan rekreasi bagi banyak orang. Menonton dan berpartisipasi dalam olahraga favorit dapat memberikan kegembiraan, menghubungkan dengan komunitas, dan alternatif kegiatan untuk mengisi rutinitas sehari-hari.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), orang dewasa membutuhkan minimal 150 menit aktivitas fisik  setiap minggu untuk mengurangi risiko kesehatan. Nah, jika kriteria tersebut terkesan berat, sini masmin kasih tahu beberapa tips dan trik agar bisa rutin berolahraga dan menjadi kebiasaan sehat untuk kita!

Bagaimana cara memulainya?

Memulai aktivitas olahraga memang tidak mudah, perlu adanya kesungguhan niat dan usaha. Terkadang juga ada orang sulit memulai kebiasaan berolahraga karena belum menemukan jenis olahraga yang cocok. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memulai kebiasaan olahraga yang baik dan konsisten:

  1. Cari tahu aktivitas fisik yang disukai
    Dengan melakukan aktivitas yang disukai, kita lebih mudah dalam menjalaninya sehingga akan membantu dalam membentuk kebiasaan yang rutin.
  2. Mulai dari hal kecil terlebih dahulu
    Dalam berolahraga tidak diharuskan untuk langsung mencapai progres yang besar.Tidak ada salahnya jika kita memulainya dari hal kecil terlebih dahulu, itupun lebih baik daripada tidak sama sekali. Dengan melakukan hal-hal kecil , kita tidak akan terbebani dengan aktivitas fisik yang telah dilakukan.
  3. Mencari teman atau bergabung dengan komunitas
    Kalau kamu tipe orang yang susah melakukan hal sendiri tidak ada salahnya mencoba untuk mencari teman ataupun bergabung komunitas. Upaya ini agar aktivitas fisik yang kamu jalani lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban.
  4. Tetapkan tujuan yang realistis dan mudah tercapai
    Mulailah aktivitas dengan tujuan yang realistis dan mudah dicapai. Misalnya, berolahraga minimal selama 20 menit setiap harinya atau berpartisipasi dalam event marathon.

Itu beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mulai olahraga. Tips tersebut dapat digunakan dalam upaya kita mencapai gaya hidup sehat dan mengurangi risiko kesehatan pada diri sendiri.

Tips untuk menjadikan olahraga sebagai bentuk kebiasaan yang sehat 

Waktu yang diperlukan untuk membentuk kebiasaan olahraga dapat bervariasi untuk setiap individu. Umumnya, untuk membentuk kebiasaan baru membutuhkan waktu minimal 21 hingga 30 hari secara konsisten. Artinya, Anda perlu meluangkan waktu setiap harinya untuk berolahraga atau dalam pola latihan yang telah ditetapkan.

Selama proses membentuk kebiasaan olahraga akan ada tantangan untuk mengabaikan rutinitas tersebut. Konsistensi dan komitmen terhadap jadwal yang telah ditetapkan akan sangat membantu dalam membentuk kebiasaan.

Berikut tips untuk membantu kita dalam membentuk kebiasaan dan konsistensi berolahraga:

  1. Menentukan tujuan yang spesifik dan terukur
    Dengan tujuan yang jelas dan terukur dalam berolahraga, kita dapat mengevaluasi aktivitas yang telah dilakukan, menambahkan fokus, dan motivasi dalam mencapai tujuan.
  2. Menetapkan jadwal dan waktu yang tetap
    Dengan menjadwalkan waktu untuk berolahraga dalam rutinitas harian, kita memperlakukan olahraga seperti janji yang harus dipenuhi, sehingga dapat menjalani aktivitas tersebut secara konsisten.
  3. Menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup
    Jadikan olahraga sebagai bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup kita. Dengan memahami manfaat yang diperoleh dari olahraga, baik secara fisik maupun mental, kita dapat termotivasi untuk menjalani aktivitas tersebut tanpa beban. Kita secara rutin dapat mencatat kemajuan yang telah dicapai, melihat perubahan positif, dan mengingatkan diri sendiri mengapa olahraga penting bagi kesehatan..
  4. Mencari variasi dan tantangan
    Jika rutinitas olahraga dirasa membosankan, mencoba variasi dan tantangan baru sangatlah dianjurkan. Dengan mencoba jenis olahraga baru, eksplorasi aktivitas luar ruangan, atau menetapkan target yang menantang untuk dicapai, itu dapat digunakan - buat mempertahankan minat dan semangat berolahraga.

Setelah mencapai titik di mana olahraga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari rutinitas harian, biasanya akan menjadi lebih mudah untuk menjaga kebiasaan tersebut.

Itulah beberapa tips singkat dari Masmin mengenai pembentukan kebiasaan olahraga sebagai upaya #SadarRisiko dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa sebarkan informasi ini ke orang terdekat kalian, ya!

Untuk tahu lebih banyak tentang #SadarRisiko dan dapat semakin #KurangiRisiko jangan lupa kunjungi dan ikuti akun sosial media instagram @Masindo.id, ya!

Baca juga artikel lain dari kami dan jangan lupa like dan share jika menurutmu artikel ini bermanfaat! Mari bersama-sama menjaga diri sendiri, #SadarRisiko sedari dini dan turut menyebarkan informasi akan pentingnya sadar risiko kepada orang lain.

#SadarRisiko #KurangiRisiko #Masindo